Pekerjaan oleh Careerjet

Peluang Usaha dan Bisnis 2008

Wirausaha.com

Tempointeraktif.com - Ekonomi

Dinas Peternakan Jabar

Minggu, 11 November 2007

TIPS - Memulai Bisnis dari Hobi

Memulai atau berbisnis dari pengembangan hobi, sama halnya kita memulai sebuah bisnis baru. Beberapa teori atau cara untuk memulai sebuah bisnis, bisa Anda jumpai lewat buku-buku bisnis. Dan, kalau mau lebih instant lagi, bisa mengikuti kelompok-kelompok bisnis yang kini mulai menjamur di Jakarta. Nah, untuk memulainya Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut di bawah ini :

  1. Tekunilah Hobi Anda
    Ada pepatah ‘
    practice make perfect’ dengan terus berlatih, termasuk melatih kemampuan kita, lambat-laun pasti akan menghasilkan karya yang terbaik. Hasil karya yang berkualitas tentu akan menaikkan nilai jualnya.

  2. Tambah terus pengetahuan Anda melalui kursus-kursus, seminar atau pelatihan yang berkaitan dengan hobi.
    Lewat aktivitas semacam itu, Anda akan memperoleh pengetahuan serta sertifikat yang bisa menaikkan
    personal branding dan prestise. Ini akan menumbuhkan kepercayaan pelanggan. Ujung-ujungnya tentu berkaitan dengan harga jual. Selain kursus, Anda bisa membaca buku, mjalah, internet atau media lainnya untuk meningkatkan pengetahuan Anda.

  3. Carilah Ahli yang berpengalaman.
    Belajar langsung lewat orang yang berpengalaman atau yang sudah sukses menjalankan hobi tersebut. Berguru pada mentor atau bergaul dengan orang yang berhobi sama, merupakan salah satu cara terbaik untuk menghasilkan sebuah produk yang bagus dan kompetitif baik dari segi kualitas maupun harga. Dari ‘gaul’ ini, Anda bisa mengukur kemampuan dan hasil karya Anda.

  4. Publikasikan produk Anda secara komersial
    Cobalah tawarkan hasil karya Anda ke toko-toko, atau rekan-rekan, tetangga. Dari pengalaman yang sudah-sudah, tetangga atau teman dekat adalah konsumen awal. Cara ini juga mampu mengatasi kesulitan dalam hal modal keuangan karena mereka bisa di minta pembayaran di muka sebelum barangnya dibuat atau diantar. Jangan patah semangat bila produk yang ditawarkan di tolak. Lewat cara ini juga secara tidak langsung melakukan promosi dari mulut ke mulut.

BAHAN: Perencana Keuangan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Terimakasih atas saran dan advicenya, saya akan mencoba melaksanakan petunjuk-petunjuk tersebut. Lebih dari itu saya berdoa semoga Tuhan senantiasa memberi petunjuk kepada kita sekalian.

Entrepreneur Daily

Franchises

E-Business

Sales and Marketing

Starting a Business