Pekerjaan oleh Careerjet

Peluang Usaha dan Bisnis 2008

Wirausaha.com

Tempointeraktif.com - Ekonomi

Dinas Peternakan Jabar

Minggu, 11 November 2007

Altara Bali

Produk Tradisional yang Menembus Pasar Internasional


Meski hanya menjadi agen khusus produk kecantikan tradisional Bali di Jakarta, Lisa Giri optimis prospeknya sangat terbuka.


Kecantikan bagi wanita merupakan hal terpenting. Terkadang, mereka rela mengeluarkan kocek untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan cara melakukan perawatan dari ujung rambut hingga kaki secara rutin yang dilakukan di rumah maupun salon kecantikan. Maraknya produk kecantikan yang beredar di pasaran sering kali mengabaikan efek penggunaannya.


Tapi tidak bagi Altara Bali. Meski produk kecantikannya dalam kategori tradisional, namun produksinya diklaim tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya bagi kulit. Lantaran semua bahannya terbuat dari herbal dan organik, Altara mengaku produknya sangat aman bagi kesehatan.


Saya tertarik menjadi agency dan menjalankan bisnis Altara Bali karena melihat pangsa pasar untuk produk-produk perawatan tubuh secara keseluruhan sangat terbuka lebar. Saat ini produk kecantikan merupakan suatu kebutuhan khususnya bagi wanita untuk memiliki tubuh yang cantik, segar sekaligus sehat hingga menimbulkan kesan mendalam,” kata Lisa mengawali pembicaraan.


Selain animo yang besar masyarakat terhadap Altara Bali yang berbahan alami, Lisa pun menambahkan, produk Altara Bali sangatlah beragam sehingga dapat memenuhi kebutuhan perawatan mulai dari rambut (hair treatment), badan (body treatment), wajah (face treatment) hingga aromatheraphy.


“Produk
hair treatment berupa shampoo, masker rambut, minyak rambut dan hair tonic. Produk body treatment berupa body scrub, body mask, shower gel, body soap, lady wash, sabun sirih, susu mutiara gel, herbal bath dan massage oil. Sedangkan untuk face treatment berupa peeling wajah yang terdiri dari berbagai ramuan,” terang Lisa semangat.


Dengan keseluruhan produk kecantikan yang tersedia, kini Altara Bali memiliki cakupan pelanggan yang sangat luas. Selain pembeli lokal tak jarang pembeli luar negeri pun turut memesan produk Altara Bali dalam jumlah banyak dan berkala. Lisa meyebutkan antara lain, Spanyol, Turki, Australia, Thailand, Singapura, dan Selandia Baru.


Altara Bali memiliki prioritas utama bagi pelanggan adalah menjaga kepercayaan dengan menjaga kualitas dan mutu produk. Dengan prioritas tersebut dapat mempertahankan pelanggan dan menciptakan pelanggan baru. Selain itu kisaran harga yang ditawarkan mulai Rp.10.000,- hingga Rp.75.000,- dan juga tersedia dalam kemasan besar (cabine size) bagi pelanggan yang membutuhkan produk Altara Bali dalam jumlah lebih besar.

Untuk memenuhi pasokan dan permintaan terhadap produk Altara Bali, Lisa pun memesan langsung dari Bali selaku tempat produksi. Kuatnya dukungan pemasokan produk yang baik dari Bali menjadikan stok aneka produk di toko Lisa tetap tersedia. “Bahkan untuk produk-produk terbaru pun dapat dipasarkan dan sampai ke tangan pelanggan di Jakarta dengan cepat,” kata Lisa.


Lalu bagaimana dengan sistem pemasaran yang dilakukan Lisa sebagai agency Jakarta? “Dengan mengikuti pameran-pameran baik bekerjasama dengan pemerintah di event-event besar seperti PRJ, PPE, PPI, Inacraft, PPDN di Jakarta dan Bali. Serta mengikuti pameran secara mandiri di perkantoran maupun pusat perbelanjaan,” ungkap mantan Kepala Cabang Laboratorium Klinik Pramita.


Bisnis yang terletak di Gedung JaCC Jakarta, Blok C-21 Lantai Dasar ini, kini menjadi supplier untuk kebutuhan salon dan spa khususnya Jakarta dan sekitarnya. Lisa pun menambahkan, dengan adanya kerjasama dengan salon dan spa dapat meningkatkan penjualan produk Altara Bali. “Ketika ada pelanggan yang ingin menggunakan produk Altara Bali di salon dan spa maka keinginan itu dapat terpenuhi,” aku Lisa.

Ia pun menambahkan, ketika memulai bisnis tersebut modal utama dalam menjalankannya terletak pada kemauan, keuletan, dan kerja sama yang optimal antara semua pihak terkait mulai produksi sampai tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk Altara Bali. Bahkan untuk modal yang sifatnya materi pun tidak memberatkan karena dapat diusahakan bagi yang benar-benar menekuni bisnis ini.

Dengan prospek yang cerah seiring dengan kebutuhan masyarakat terhadap produk perawatan kecantikan tradisional maka strategi menghadapi tingkat persaingan di bisnis serupa pun dilakukan. “Produk Altara Bali lebih menekankan dan mengedepankan produk berkualitas, harga yang rasional terjangkau, pelayanan kepada pelanggan secara komunikatif dan terbuka, menyediakan lebih banyak outlet atau tempat penjualan sehingga lebih dekat dan mudah bagi pelanggan,” komentar pemilik nama lengkap Lisa Giri. [pengusaha/fisamawati]

Tidak ada komentar:

Entrepreneur Daily

Franchises

E-Business

Sales and Marketing

Starting a Business