Pekerjaan oleh Careerjet

Peluang Usaha dan Bisnis 2008

Wirausaha.com

Tempointeraktif.com - Ekonomi

Dinas Peternakan Jabar

Minggu, 11 November 2007

Memetik Fulus Dari Jambu Air Degus


Sebagai varietas unggul baru, jambu air degus belum banyak dibudidayakan. Padahal jambu degus rasanya manis, kesat, dan daya tahan hidupnya lebih tinggi. Bahkan bisa dibudidayakan di dalam pot.


Jambu air (eugenia aquea burm) merupakan tanaman buah yang berasal dari Indocina dan Indonesia, yang lantas menyebar ke Malaysia dan pulau-pulau di Pasifik. Buah manis nan segar ini tumbuh dan berproduksi ideal di dataran rendah hingga medium. Selain itu, buah tak berkulit ini memiliki beberapa varietas, seperti jambu air camplong yang banyak dibudidayakan di Madura, jambu air dharsono (sebagian menyebutnya dersana), dan jambu air gelas (Kediri). Sedangkan jambu air degus merupakan“saudara” mereka yang kini dibudidayakan di Pasuruan.


Jambu air degus yang memiliki bentuk buah seperti lonceng tambun ini merupakan salah satu jenis buah-buahan yang dapat tumbuh di berbagai iklim dan jenis tanah. Bahkan, bisa tumbuh di lingkungan yang cukup berat di mana tanaman lain sudah tidak mampu bertahan. Di samping itu, sebagai varietas unggul, jambu yang berwarna merah tua kehitaman ini mudah beradaptasi, mudah dikembangbiakkan, responsif terhadap pemeliharaan intensif, serta berasa manis, segar, dan lebih kesat.

Namun, keberadaan jambu yang memiliki kandungan air 89,4%, kandungan gula 9,0%–9,2%, dan kandungan vitamin C 1,99 mg ini, sampai saat ini masih sebatas digunakan sebagai buah segar untuk dikonsumsi langsung. Selain itu, jambu air degus sejauh ini hanya dapat dijumpai di Pasuruan.


Sebenarnya, jambu air degus terdapat di beberapa daerah lain, di samping Pasuruan. Tetapi, belum dibudidayakan secara intesif sesuai dengan baku teknis. Karena itu, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan berinisiatif membudidayakan tanaman ini dengan menggunakan bibit yang bermutu atau berlabel,” kata Harry Tjahjono, Kepala Sub Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Kota Pasuruan, Jawa Timur. Sekadar informasi, Balai Induk Hortikultura Kota Pasuruan menyediakan bibit jambu air degus dengan harga Rp 10 ribu/batang.


Apa lagi, Harry melanjutkan, pada prinsipnya tanaman ini dapat ditanam di mana pun dengan mempertimbangkan faktor-faktor, antara lain kesesuaian agroklimat atau iklim, ketinggian tempat (4–400 m di atas permukaan laut), jenis tanah (subur dan gembur), ketersediaan unsur hara (kandungan vitamin-vitamin dalam tanah, red.), serta sarana dan prasarana lain. Keterangan lebih lanjut tentang hal ini, silahkan lihat boks 1 dan 2.


Tahun ini, Harry menambahkan, telah dilakukan penanaman bibit jambu air degus sebanyak 1.000 batang yang didistribusikan ke beberapa wilayah kecamatan di Pasuruan, tapi belum merata. “Karena itu, tahun 2007 nanti rencananya akan menanam 3.000 bibit di wilayah Pasuruan,” ucapnya.


Mengapa hal ini dilakukan di Pasuruan? “Kami ingin memperkenalkan kepada masyarakat Pasuruan bahwa jambu air degus yang dapat dikembangbiakkan baik di area pertamanan maupun di dalam pot dengan hasil yang sama baiknya, berpotensi memacu usaha peningkatan produksi dan memberikan peluang usaha, di samping meningkatkan gizi masyarakat serta pendapatan petani dan masyarakat. Bukan cuma itu, pengembangan jambu air degus ke depannya juga berguna sebagai produk unggulan di bidang hortikultura, sekaligus mendukung pengembangan agrowisata secara terpadu,” imbuhnya.


Lebih jauh lagi, Harry melanjutkan, maksud dan tujuan dikembangkannya jambu air degus di Pasuruan yaitu untuk menumbuhkembangkan sentra-sentra komoditi hortikultura jenis buah-buahan yang nantinya akan menjadi produk unggulan, memanfaatkan lahan baik yang non mapun yang produktif menjadi lahan yang mempunyai potensi untuk memberikan peluang usaha dalam upaya peningkatan pengetahuan, ketrampilan, dan pendapatan petani dan masyarakat, mewujudkan program jangka menengah Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Kota Pasuruan yaitu memiliki wilayah agrowisata secara terpadu. Nah, selamat bertanam!


CARA BERTANAM JAMBU AIR DEGUS
Pembudidayaan jambu air degus dapat dilakukan baik melalui tabulapot (menggunakan media tanam berupa pot, red.) maupun tabulakar (langsung di areal pekarangan, red.). Pembudidayaan model tabulapot cocok diterapkan di daerah-daerah perkotaan dengan penduduk padat, sehingga tidak tersedia lahan yang luas. Sedangkan tabulakar cocok dilakukan pada areal lahan yang luas dan terbuka.


Jambu air degus yang ditanam ala tabulakar cenderung tumbuh lebih cepat dan lebih besar, karena ketersediaan unsur hara dalam tanah yang lebih banyak daripada model tabulapot. Di samping itu, jumlah buah yang muncul juga lebih banyak dalam tabulakar dibandingkan dengan tabulapot, meski secara berkala dilakukan pengguntingan. [pengusaha/
russanti lubis]

UNTUK BERTANAM DALAM POT:

1. Siapkan pot yang sesuai dengan pertumbuhan tanaman buah degus berukuran diameter 40–60 cm. Lalu, buat lubang di bagian bawah pot.

2. Pada dasar pot, taburi atau tempatkan pecahan genting, batu bata, atau bahan lain yang mudah menyerap air.

3. Masukkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang atau kompos, dan sekam padi dengan perbandingan masing-masing satu bagian. Dapat pula menggunakan media lain yang sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan tanaman dan mudah diperoleh di daerah yang bersangkutan. Masukkan media tanam tersebut ke dalam pot sebanyak duapertiga tinggi pot. Selanjutnya, siram media tanam tersebut dengan air secukupnya.

4. Buat lubang kecil seukuran media benih. Buang polibag atau keranjang benihnya dengan hati-hati, agar tidak merusak tanah yang terbawa benih sekaligus menghindari stressing benih setelah ditanam dalam pot. Kemudian, pasang ajir (bambu penanda lokasi penanaman, red.) sebagai penyangga tanaman dan ikatlah dengan tali.

5. Sirami setiap hari dengan air secukupnya sampai tanaman tersebut tumbuh dan beradapatasi dalam pot.



BERTANAM LANGSUNG DI TANAH (PEKARANGAN ATAU TEGALAN):

1. Buat lubang tanam dengan ukuran 60x60x60 cm. Pisahkan masing-masing setengah bagian tanah atas dengan yang bawah, pada saat melakukan penggalian lubang tanam.

2. Biarkan lubang tanam tersebut terbuka selama 2–3 minggu untuk menghilangkan keberadaan gas beracun, bibit penyakit dalam tanah, atau organisme pengganggu tanaman lainnya yang berada dKembalikan setengah bagian tanah bawah terlebih dulu ke posisi semula pada lubang tanam di bagian bawah. Lantas, campuri setengah bagian tanah atas dengan pupuk kandang atau kompos sebanyak tanah bagian atas tersebut. Dapat pula ditambahkan pupuk NPK. Selanjutnya, kembalikan setengah bagian atas tanah ke dalam lubang tanam dan biarkan menggunung. Sirami dengan air secukupnya dan biarkan selama 3–5 hari agar pupuk anorganik sebagi pupuk dasar bisa larut ke dalam tanah.

3. Kembalikan setengah bagian tanah bawah terlebih dulu ke posisi semula pada lubang tanam di bagian bawah. Lantas, campuri setengah bagian tanah atas dengan pupuk kandang atau kompos sebanyak tanah bagian atas tersebut. Dapat pula ditambahkan pupuk NPK. Selanjutnya, kembalikan setengah bagian atas tanah ke dalam lubang tanam dan biarkan menggunung. Sirami dengan air secukupnya dan biarkan selama 3–5 hari agar pupuk anorganik sebagi pupuk dasar bisa larut ke dalam tanah.

4. Sehari menjelang tanam, buat lubang kecil seukuran benih jambu air degus pada gundukan galian tanah.

5. Lepaskan polibag secara hati-hati agar tidak merusak media tanah dan mencegah stagnasi benih yang akan ditanam.

6. Masukkan benih ke dalam lubang dengan kedalaman sebatas leher akar, timbun, dan padatkan secara perlahan.

7. Setelah benih ditanam, sirami dan pasang ajir di sisi tanaman dan ikat dengan tali yang lunak.

8. Sirami setiap hari hingga tanaman tumbuh dan beradaptasi di lahan pertanaman yang baru.

YANG HARUS DIPERSIAPKAN

Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk membudidayakan jambu air degus yaitu:

  1. Menentukan lahan

  2. Media tanam

  3. Peralatan dan bahan:

    1. cangkul

    2. sabit

    3. tali

    4. hand sprayer (alat untuk menyemprot hama tanaman, red.)

    5. pupuk organik

    6. pupuk anorganik

    7. pestisida

    8. gunting pangkas

Tidak ada komentar:

Entrepreneur Daily

Franchises

E-Business

Sales and Marketing

Starting a Business