Pekerjaan oleh Careerjet

Peluang Usaha dan Bisnis 2008

Wirausaha.com

Tempointeraktif.com - Ekonomi

Dinas Peternakan Jabar

Senin, 25 Agustus 2008

Saatnya Beralih ke Kompor Berbahan Bakar Biji Jarak


Lebih Irit, Ekonomis, Praktis, dan Mudah

Tingginya harga minyak tanah dan gas Elpiji, membuat semua masyarakat lebih berhemat. Termasuk juga dalam urusan dapur. Untuk menghemat, kita tidak perlu harus menghemat masak dan lainnya. Kini telah hadir Kompor Berbahan Bakar Biji Jarak. Kita bisa menanam jarak di sekeliling rumah dan dapat mengirit berapa puluh juta dalam setahunnya. Berikut liputannya yang kami tulis secara bersambung.


KEBERADAAN minyak tanah (mitan) yang langka dan mahal, membuat manusia terus berinovasi untuk mencari ’ide gila’ yang lebih murah meriah. Salah satu temuan yang kini sudah mulai diproduksi dan dipasarkan adalah kompor berbahan bakar jarak.

Sebagaimana kita tahu, jarak juga dapat dijadikan sebagai bahan bakar berupa minyak. Namun sayangnya temuan itu tidak ditindaklanjuti dengan keseriusan untuk memproduksi dalam skala besar. Selain itu, masyarakat juga sudah terlanjur ’jatuh cinta’ dan tidak mau lepas dari mitan, sehingga program itu tidak mendapat dukungan dari masyarakat.

Namun bagi mereka yang serius menekuninya, mereka telah membuktikan dan mampu menciptakan kompor dengan bahan bakar biji jarak yang mudah didapat. Tanaman jarak sebenarnya tidak sulit didapat di daerah pedesaan atau pegunungan. Dengan menggunaan kompor ini, masyarakat dapat menghemat pengeluaran puluhan hingga ratusan juta selama setahun.

Bayangkan saja, untuk mendidihkan air 1.500 ml hanya dibutuhkan waktu sekitar 8 menit. Ini membuktikan panas yang dihasilkan lebih besar daripada kompor dari mitan. Dengan menggunakan 200 gram kupasan biji jarak, mampu menyala selama 60 menit (1 jam) dengan kadar air 5 % pada biji tersebut.

Kompor ini memiliki spesifikasi ukuran 27 x 27 x 27 cm, berat 2 Kg. Kapasitas tangki biji maksimum 300 gr, bahan dari plat dengan ketebalan 0,6 mm, permukaan luar dicat dengan duco warna silver. Komponen kompor terdiri dari sarangan luar dan dalam, stoom, laci penampung abu, tuas pengatur udara, tutup untuk mematikan api dan badan kompor.

Ketahanan kompor lebih kurang 2 tahun (hal ini masih dalam kajian), ketahanan menyala tergantung kadar minyak biji jarak (makin tinggi makin lama), nyala api 80 % biru sehingga ramah lingkungan karena tidak mudah menimbulkan kotoran seperti yang sering terjadi pada kompor mitan.

Saat ini, temuan ini telah memiliki hak patent atau HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). Jadi siapaun yang memproduksi tanpa seijin pemilik hak patent tersebut dapat dikenai sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku. ***

2 komentar:

fushsilat math education mengatakan...

kompor minyak jarak ..........keren juga tuch,..by the way dimana saya bisa mendapatkannya ya....
sidiq (samarinda)

Unknown mengatakan...

Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyangka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan nomor togel dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendapatkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEUH di 0823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

Entrepreneur Daily

Franchises

E-Business

Sales and Marketing

Starting a Business