Pekerjaan oleh Careerjet

Peluang Usaha dan Bisnis 2008

Wirausaha.com

Tempointeraktif.com - Ekonomi

Dinas Peternakan Jabar

Rabu, 10 Oktober 2007

Sewakan Mobil Anda ke Cipaganti

Peluang persewaan mobil selalu terbuka lebar karena pasarnya tumbuh 30 persen per tahun. Anda punya mobil tetapi tidak punya pasar? Cipaganti siap menggandeng Anda.

Kebutuhan akan kendaraan sewa dari tahun ke tahun semakin meningkat. Peningkatan ini akan mengalami puncaknya ketika hari raya, terutama lebaran, tiba. Dan, selanjutnya akan mengalami penurunan yang sangat perlahan. Apa pasal? Padahal, harga kendaraan yang masih gres di zaman sekarang tidak lagi semahal dulu. Sedangkan yang bekas pun masih tak kalah mentereng dibandingkan dengan yang baru, harganya terjangkau pula.

Menurut Verawati Basri, Area Manager Jakarta Divisi Rental Car PT Cipaganti Citra Graha, permintaan akan kendaraan sewa untuk wilayah Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat tahun 2006-2007 diperkirakan mencapai 7.000 unit kendaraan, dengan estimasi proyek pertumbuhan lebih dari 30% per tahun. Untuk Cipaganti sendiri, permintaan akan kendaraan sewa tahun 2007 meningkat hingga 30%. Sampai Bulan April ini saja, Cipaganti harus menambah 40 unit kendaraan dari total kebutuhan 130 unit.

“Hal ini terjadi karena akhir-akhir ini perusahaan-perusahaan swasta nasional diarahkan untuk outsourcing, sehingga perusahaan-perusahaan itu yang semula membeli mobil, kini cenderung menyewa. Di sisi lain, dengan menyewa kita akan memperoleh beberapa keuntungan, misalnya, dari segi perawatan lebih terjaga, bila muncul masalah pada kendaraan yang disewa dapat segera diberi kendaraan pengganti tanpa biaya tambahan, dan kalau muncul risiko-risiko tertentu sudah ada yang menanggung,” jelas Vera.

Kondisi inilah yang memicu Cipaganti untuk membuka peluang kerja sama dengan pihak-pihak luar (kemitraan, red.). Ide ini muncul untuk pertama kalinya pada 2003 di Bandung (markas besar perusahaan ini, red.) dan pada 2004 di Jakarta. “Ya, Cipaganti memang menawarkan kerja sama di bidang transportasi jasa penyewaan kendaraan bermotor atau mobil. Hal ini Cipaganti lakukan untuk memenuhi permintaan konsumen secara cepat. Karena, semula divisi rental Cipaganti hanya memiliki 20 unit kendaraan. Ketika semuanya sudah tersewa dan lalu muncul permintaan lagi meski cuma dua unit, misalnya, Cipaganti tetap kelabakan. Cipaganti mempunyai dana cash, tetapi karena banyak faktor, Cipaganti tetap tidak bisa memenuhi permintan tersebut dengan cepat,” kata Gungun Anggana, Financial Consultant PT Cipaganti Citra Graha.

Dalam kemitraan yang berbentuk kerja sama penitipan kendaraan ini, Gungun melanjutkan, sebelum permintaan datang, Cipaganti akan mengumpulkan dulu database kendaraan yang dimiliki para mitra. Ketika permintaan sewa akan kendaraan jenis tententu datang, Cipaganti segera menghubungi mitra-mitra tersebut. Selanjutnya, Cipaganti akan memberikan profit kepada mitra sebesar 2% dari harga jual mobil yang dititipkan, setiap bulan, selama masa kontrak (minimum enam bulan, red.). “Pertimbangannya, nggak mungkin kan mitra yang menitipkan Kijang Inova mendapatkan pembagian profit yang sama dengan yang menitipkan Kijang LGX,” ujarnya.

Sedangkan bagi mitra yang ingin menitipkan kendaraan mereka di Cipaganti, harus mengasuransikan kendaraan mereka all risks pada perusahaan asuransi yang sudah punya nama, mengganti biaya penggantian ban setiap enam bulan sekali atau tergantung kondisi ban, dan menanggung biaya perpanjangan STNK. “Untuk perawatannya ditanggung oleh Cipaganti,” imbuhnya. Sekadar informasi, kendaraan yang dititipkan haruslah keluaran tahun 2004.

Selain itu, Cipaganti juga membuka kemitraan dana. Kemitraan yang terbagi menjadi Paket A dan Paket B ini, cenderung ditujukan kepada mereka yang ingin menjalin kerja sama dengan Cipaganti, tetapi tidak memiliki kendaraan. Dalam hal ini, mitra diharuskan menyerahkan kepada Cipaganti, sejumlah uang untuk modal atau uang muka membeli mobil. Untuk Paket A, mitra harus menyerahkan modal sebesar Rp 50 juta hingga Rp 95 juta. Dengan masa kesetaraan (kontrak) satu tahun hingga tiga tahun, mitra akan mendapatkan profit sharing 1,5% sampai 1,7% per bulan yang dibayarkan di muka, dalam bentuk bilyet giro. Sedangkan untuk Paket B, uang yang harus diserahkan oleh mitra sebesar Rp100 juta sampai Rp1 milyar. Dengan masa kesetaraan satu hingga tiga tahun, mitra akan memperoleh profit sharing 1,8% hingga 2% per bulan yang juga dibayarkan di muka, dalam bentuk bilyet giro. “Ibaratnya, ini sebuah alternatif deposito dengan profit sharing yang lebih tinggi daripada bunga deposito bank,” katanya.

Ketika masa kontrak berakhir, Gungun menambahkan, kendaraan tersebut akan dijual kembali untuk mengembalikan uang muka atau modal milik mitra. Karena itu, kendaraan yang dibeli harus bersifat likuid atau mudah diuangkan kapan pun.

“Setelah masa kontrak, misalnya, satu tahun berakhir, meski leasing masih berjalan hingga tiga tahun, Cipaganti tetap harus mengembalikan uang muka tersebut,” jelasnya. Tapi, bila mitra menginginkan uang mukanya dikembalikan dalam bentuk mobil, maka akan terjadi perhitungan yang proporsional.

“Jika harga mobil itu lebih besar daripada uang muka yang diserahkan oleh mitra, maka mitra harus menambah kekurangan harga mobil itu. Jika yang terjadi sebaliknya, maka Cipaganti yang akan menambahi kekurangannya. Jadi, mitra sudah dapat mobilnya, juga dapat uangnya,” lanjutnya.

Hubungan kerja sama ini disahkan secara notarial, tapi tidak berlaku kaku. Dalam arti, bila karena satu dan lain hal hubungan ini tidak dapat diteruskan, misalnya mitra meminta kembali uangnya sebelum masa kontrak berakhir, maka mitra hanya akan mendapat penalty 25% dari uang muka yang diserahkan. “Ketentuan ini juga berlaku bagi Cipaganti!”tegasnya. Namun, ketentuan yang dimaksudkan untuk menjaga agar hubungan kerja sama ini berlangsung sampai masa kontrak berakhir, tidak berlaku bagi mitra kerja sama penitipan kendaraan. Nah, tidakkah Anda berminat menambah penghasilan dengan cara seperti ini? [pengusaha/russanti lubis]

52 komentar:

Unknown mengatakan...

saat ini saya punya 1 unit daihatsu luxio M tahun 2012 kira2 bs gak ya kalau sy ikut titip dicipaganti?

Unknown mengatakan...

saatini sy punya 1unit mobil daihatsu luxio type M, kalau mau dititipkan bs gak ya? terimaksih

Anonim mengatakan...

Saya punya Avansa type G 2013 sebulan saya dapat berapa, bisa kirim kontrak sewa ke saya di : bertholaning@yahoo.com .... Thanks

Unknown mengatakan...

Saya punya Avansa type G 2013 sebulan saya dapat berapa, bisa kirim kontrak sewa ke saya di : bertholaning@yahoo.com .... Thanks

Unknown mengatakan...

saya punya new avanza g manual 2013 klo saya mau titip berapa perbulannya.....kirim ke email juniantorumawan@gmail.com

Unknown mengatakan...

Saya punya dahiatshu terios th 3013 jika saya titipkan ke cipaganti brp perbulan nya yg sy trima bls

Unknown mengatakan...

Saya punya nissan grand Livina XV/MT 2013, kalau bisa dititipkan, tolong kirim kontaknya ke sfniyan@gmail.com
Terima kasih

Anonim mengatakan...

saya punya new avanza e manual 2014 klo saya mau titip berapa perbulannya.....kirim ke email raiscala@yahoo.com

kabayan mengatakan...

saya punya new avansa 2014 type e manual berapa sewa perbulannya...tolong kirim dtaft kontraknya ke bedoldesa2012@gmail.com terima kasih


Bet Regards,

Dharmawan

gk tau mengatakan...

saya punya new avanza g manual 2014 kalo saya mau titip berapa perbulannya.....kirim ke email d.kartikasyarif@gmail.com. thx

CLICKLINK mengatakan...

saya punya toyota avanza G all new bisa ngak saya titip di cipaganti tolong email saya ke mulyo203@gmail.com

Unknown mengatakan...

Saya punya apv thn 2013 bsa d titipkan d cipaganti kah..tolong kirim kontrak nya k email saya armyjambi.aj@gmail.com

Unknown mengatakan...

saya punya xenia th 2013 bisa di titipkan di cipaganti gak? tolong kirim kontrak nya ke email saya addin.ocha25@gmail.com, terima kasih, di tunggu kbr nya segera...

Devitandiani mengatakan...

Saya punya Avanza g tahun 2014, bisa titip Cipaganti? Minta tolong kirim kontraknya rdsherade@gmail.com , terima kasih Mas... Ditunggu kabarnya ya...

Unknown mengatakan...

Saya punya xenia X deluxe 2013 ..ansuransi All risk n ada ansuransi rental ( komprehensif) bisa di titip di cipaganti ? Mnt tlng kirim kontrak nya k email sy. Yuwono.budhi@yahoo.com .. Tnggu y ..txs

Unknown mengatakan...

saya punya mobilio 2015 , bisa titip di cipaganti ? , hubungi saya di email aguswpiliang@gmail.com

Unknown mengatakan...

sy punya avanza G des 2014, bisa yitip di cipaganti? hub ke email rahmatulloh31@gmail.com

Unknown mengatakan...

sy punya avanza G des 2014, bisa yitip di cipaganti? hub ke email rahmatulloh31@gmail.com

Unknown mengatakan...

Saya punya spin diesel 2014, bisa titipkah? Contact sy di anggakor88@gmail.com

admin mengatakan...

Dicari partner bisnis seluruh Indonesia untuk :
1. Penitipan kendaraan untuk di sewakan
2. Pengadaan kendaraan untuk di sewakan
3. Agen rental mobil
4. Pembukaan rental mobil di kota anda

a. Kami menerima penitipan kendaraan sejenis minibus ( avanza, xenia, innova, mobilio)

b. Unit yang bisa di terima adalah unit minimal tahun 2013

c. Kontrak penitipan 1-4 tahun

d. Laporan bulanan kendaraan akan dikirimkan ke email setiap bulannya

e. Pendapatan 3-4 juta per bulan selama masa kontrak

f. Kami memiliki 9 cabang rental, jadi bisa di pilihin ingin menitipkan di cabang mana

g. Biaya administrasi penitipan adalah 5.000.000 per tahun

h. Biaya 1 unit GPS adalah 5,000.000 ( bisa pasang sendiri )

i. Dan asuransi all risk rental dari autocillin kurang lebih di 4.000.000 - 5.000.000 ( 3,57 % dari harga unit tahun itu )

j. Pemilik kendaraan di berikan akses untuk melihat GPS jadi bisa tau kendaraannya ada dimana


Hubungi kami untuk penjelasan lebih detail 081 220 299 909 / 081 234 423 38

AutoBridal Rent Car Indonesia
️022-8777 5353
Hotline Rental Mobil 081.221.533.784
Hotline Marketing 081 220 299 909 / 081 234 423 38
BB pin : 5BDAAB21
Open & Close Senin - Minggu 08.00-17.00
email : autobridalrent@gmail.com/info@abrentcar.com
www.abrentcar.com / blog.abrentcar.com
LINE @autobridalrent

Unknown mengatakan...

Saya punya Xenia R Sporty MT 2014. Bisa titip kah?
Silahkan hubungi ke email dfatem@yahoo.co.id

Unknown mengatakan...

Saya punya Xenia R Sporty MT 2014. Bisa titip kah?
Silahkan hubungi ke email dfatem@yahoo.co.id

Unknown mengatakan...

Saya ada mobil box grandmax 1.300cc tahun 2015 hubugi ke sarie_nilam@yahoo.com telpon 089628061837

Unknown mengatakan...

Saya ada mobil box grandmax 1.300cc tahun 2015 hubugi ke sarie_nilam@yahoo.com telpon 089628061837

firmanmaulana mengatakan...

Saya punya Mobil new Xenia baru 1300cc, baru seminggu keluar dealer, tahun 2015 tapi pajak 2016, mohon hubungi Firman di 0856 9437 2653 atau email firmanmaulana357@gmail.com
Terima kasih

firmanmaulana mengatakan...

Saya punya Mobil new Xenia baru 1300cc, baru seminggu keluar dealer, tahun 2015 tapi pajak 2016, mohon hubungi Firman di 085694372653 atau email firmanmaulana357@gmail.com
Terima kasih

firmanmaulana mengatakan...

Saya punya Mobil new Xenia baru 1300cc, baru seminggu keluar dealer, tahun 2015 tapi pajak 2016, mohon hubungi Firman di 0856 9437 2653 atau email firmanmaulana357@gmail.com
Terima kasih

RENTAL MOBIL HIACE BANDUNG BANDARA | SEWA MOBIL BANDUNG BANDARA | BAP TRANS mengatakan...

Bila anda mempunyai mobil yg kurang produktif serta ingin mendapatkan uang tambahan. Bagi anda yg berdomisili di daerah kota bandung dan berminat mau bermitra dg rental mobil kami inholidays trans bandung silahkan hub kami 24jam : 08112034545 / 08112144545 / 081320524405. www.sewamobilbandara.com

RENTAL MOBIL HIACE BANDUNG BANDARA | SEWA MOBIL BANDUNG BANDARA | BAP TRANS mengatakan...

Inholidays trans bandung yang berdomisili daerah Sarijadi jln cilandak 151 sukarasa dan sudah berpengalaman dari tahun 2006 hingga sekarang. Kami menerima titip mobil berbagai merk minimal tahun 2014 seperti Avanza, Xenia, innova, mobilio
toyota Hiace commuter, agya, yaris, jazz atau sejenis mobil minibus. Andan berminat hub 24jam mobile : 08112034545, 08112144545- 081320524405

Terima kasih.

Nurhudaya by inholidays trans bandung

RENTAL MOBIL HIACE BANDUNG BANDARA | SEWA MOBIL BANDUNG BANDARA | BAP TRANS mengatakan...

Bila anda mempunyai mobil yg kurang produktif serta ingin mendapatkan uang tambahan. Bagi anda yg berdomisili di daerah kota bandung dan berminat mau bermitra dg rental mobil kami inholidays trans bandung silahkan hub kami 24jam : 08112034545 / 08112144545 / 081320524405. www.sewamobilbandara.com

Unknown mengatakan...

Saya punya mobil Avanza e,warna hitam thn 2016 bln 05.
Kalau bisa bekerja sama.hubungi sy di 089508851220. Atau email
Cahyadi.harahap@gmail.com
Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Saya punya mobil Avanza e,warna hitam thn 2016 bln 05.
Kalau bisa bekerja sama.hubungi sy di 089508851220. Atau email
Cahyadi.harahap@gmail.com
Terima kasih.

Yohanes Maydo Santoso mengatakan...

saya punya mobil Avanza type G 1.3 thn 2016 warna putih. saya ingin menjalin kerjasama. dan bisa hub saya 08999996126 atau email di yohanes.edo9@gmail.com

Unknown mengatakan...

Saya ada Xenia typeR th.2016 hubungi ke
Email : dhodie.amsyah@gmail.com
No hp : 085695652338

Unknown mengatakan...

Saya Febri apabila ada yang minat ingin menitipkan mobil saya siap menampung dengan sistem pembayaran bulanan atau mingguan,dengan sistem kontrak yang akan disepakati, saya berdomisili di Bekasi silakan hubungin saya ke nomor 082260177817 ( WA/HP )
" Mobil Anda dijamin aman dan terawat "

Unknown mengatakan...

Saya punya Avanza Grand new veloz 1.5 tahun 2016..
Klo sya mau kontrakin..brpa kisaran yg sya terima perbulan.
Hubungi sya di
Email ; Ekosiswanto515@gmail.com
No ; 081289611844

RENTAL MOBIL HIACE BANDUNG BANDARA | SEWA MOBIL BANDUNG BANDARA | BAP TRANS mengatakan...

Perbulan Rp3.5jt. Terus Kontrak setahun dgn pembayaran perbulan di awal. Sy dg pengelola rental di bandung. Jika minat hub kami di tlp
081123034545

Unknown mengatakan...

Saya ada avanza type G manual thn 2016 masih leasing dan baru jalan 6 bulan
Bisa tolong jelaskan ke saya caranya lewat wa di 085288850401
Trims

dedi mengatakan...

Selamat sore saya pemilik avanza veloz 2013. Berniat untuk dititipkan AB Ren Car, mohon penjelasanya terimakasih.

Regards,

Dedi Riswandi
085891502913

Unknown mengatakan...

saya punya mobil avanza e 2017 kira2 brp yah sebulan nya? balas ke jimot80@gmail.com thx

Unknown mengatakan...

Pak saya beli baru avanza 15 hari lalu saya mau titipkan mobil saya di cipaganti kalo bisa wa aja ke nomor saya 08986860189

Unknown mengatakan...

Saya ada APV LUXURY tahun 2015 posisi jakarta .. mau saya titipkan mobil di cipaganti .. mohon info nya ke no WA : 0896 57411 803 atau email : fitri.data@yahoo.com .. trm ksh

Unknown mengatakan...

Saya ada avanza thn 2016, posisi bekasi, apa bisa saya titipkan mobil saya dicipaganti, mohon infonya ke WA: 085280010022

Unknown mengatakan...

saya puya daihatsu xenia tipe gred 2017 klo sewakan brp ya perblnnya

Unknown mengatakan...

Sy punya mobil avanza seri E 2016
Kalo d sewa perthn bisa gk gan ?

Unknown mengatakan...

Saya punya avanza type E 2017. Kalo di sewakan brp ya perbulan?. Dan kontrak kerja sama nya jelas tidak?? Kirim email ke marchelina.alifki@gmail.com

Unknown mengatakan...

Sya pny mobil merk proton thn2008 kalau bs d rentaln hub 085888738348

Putra Karona mengatakan...

Saya punya mobil Honda Mobilio tahun 2017, mau kerjasama titip mobil rental.
domisili saya di Medan
082349490909

Unknown mengatakan...

Saat ini saya punya 1 unit new avansa tipe E 2018 bulan akhir,bisa nigip di Cipaganti

aplikasi android mengatakan...

artikel yang menarik. jika boleh memberiksan saran, harap font tulisannya bisa diperbesar, agar pembaca lebih nyaman ketika membaca artikel yang isinya penuh informasi yang cukup bermanfaat ini. terimakasih..
Aplikasi Rental Mobil Berbasis Android

Unknown mengatakan...

Bgmn utk dpt menitipkan n utk d hub? Thx

Unknown mengatakan...

Saya ada 1 unit mobilio 2017 Low km.
Sy berminat utk titip rental.
Makasih infonya

Entrepreneur Daily

Franchises

E-Business

Sales and Marketing

Starting a Business